Cara Mengobati Skabies Sesuai Resep Dokter Yang Mudah Dicoba

sumber gambar: halodoc.dom

Skabies atau kudis merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya tungau yang bernama Sarcoptes scabiei. Serangga ini berukuran kecil dengan jumlah kaki delapan sehingga tidak akan secara mudah untuk melihatnya dengan mata telanjang. Bagaimana cara penyebarannya? tungau ini akan masuk ke dalam lapisan kulit dalam rangka untuk bertelur, makan, dan bertahan hidup. Akibatnya akan timbul sensasi sangat gatal di area terinfeksi pada kulit sebagai dampak reaksi alergi. Ketika malam datang, sensasi gatal kian meningkat. Sejauh ini, tungau akan mampu bertahan di dalam kulit selama 2 bulan. Penyakit ini tergolong mudah menular dan akan menyebar dengan cepat melewati kontak fisik. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui cara mengobati skabies agar dapat terputus rantainya dan tidak menyebar kian meluas kembali.

Penyakit ini ternyata merupakan penyakit yang sangat umum di lingkungan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian American Academy of Dermatology yang melaporkan bahwa terdapat jutaan masyarakat dunia yang terdampak penyakit ini disetiap tahunnya. Skabies terbagi menjadi dua macam, yaitu norwegian scabies (skabies berkrusta) dan skabies biasa. Normalnya penderita skabies akan mempunyai setidaknya 15 – 20 tungau di kulitnya sedangkan penderita skabies berkrusta akan memiliki sekitar 1000 tungau di kulitnya. Bisa anda bayangkan betapa mengerikan penyakit ini? Tenang. Anda tidak perlu cemas sebab kutipan hellosehat.com menerangkan bahwa dokter sudah membuat resep beberapa cara mengobati skabies yang dapat anda praktekkan, sebagai berikut:

  1. Krim permethrin 5% digunakan untuk menghilangkan skabies dan telurnya. Obat ini disediakan khusu untuk ibu hamil dan anak berusia 2 tahun ke atas),
  2. Krim crotamiton 10% yang mana tidak diperkenankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan anak-anak.
  3. Krim steroid agar meredakan gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit.
  4. Losion pramoxine dimanfaatkan untuk mengendalikan rasa gatal.
  5. Losion benzyl benzoate sebanyak 25%.
  6. Losion lindane 1%. Obat ini tdak cocok digunakan untuk anak dibawah 2 tahun, ibu hamil atau menyusui, pasien dengan berat badan kurang dari 50 kg, dan lansia).
  7. Sekitar 5 – 10% untuk salep sulfur.
  8. Antihistamin agar rasa gatal terkendali sehingga mudah untuk tidur.
  9. Ivermectin merupakan obat yang diresepkan untuk anak-anak, orang yang tubuhnya tidak mampu merespon krim atau losion, dan pasien HIV.
  10. Antibiotik sebagai jembatan untuk menghilangkan stres.

Selain sesuai dengan resep dokter seperti yang di atas, berikut akan diuraikan cara mengobati skabies yang mudah dilakukan ketika di rumah. Simak saja!

  1. Mengompres Kulit

Treatment ini dilakukan untuk meredakan rasa gatal yang menyerang. Caranya dengan menyediakan air dingin atau panas. Kemudian celupkan handuk ke dalamnya dan kompreskan kulit anda dengan handuk tersebut. Cara ini lebih dianjurkan dibanding dengan anda menggaruknya. Jika anda sering menggaruknya maka kulit akan terluka dan terkena infeksi.

  1. Minyak Cengkeh

PLOS One telah mempublikasi sebuah penelitian yang menyimpulkan bawah minyak cengkeh berperan efektif untuk membunuh skabies. Hal ini karena memiliki kandungan anastesi, antioksidan, dan antimikroba yang dapat membantu proses penyembuhan skabies secara alami. Jika anda tidak memiliki minyak cengkeh, anda dapat menggantinya dengan minyak lain seperti minyak serai, jeruk, thyme, lavender, ylang-ylang, peppermint, dan biji adas manis.

  1. Mengoleskan Losion Calamine

Losion ini berperan dalam mengurangi rasa gatal, sakit, dan iritasi kulit ringan. Pembelian losion ini mudah dilakukan sebab dijual di apotek mana saja tanpa adanya resep dari dokter. Akan lebih baik anda konsultasikan dahulu ke dokter mengenai rencana untuk pemakaian losion ini.

  1. Minyak Nimba

Minyak nimba memiliki kandungan analgesik, antiradang, dan antibakteri yang efektif untuk penyembuhan kudis. Parasitology Research mempublikasi sebuah fakta bahwa sampo ekstrak biji nimba dapat menyembuhkan kudis pada anjing.

  1. Gel Yang Terbuat dari Lidah Buaya

Sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Phythotheraphy Research pada tahun 2009 membuktikan bahwa bahan ini efektif untuk kudis dan bahan ini memiliki peran seperti benzyl benzoate. Oleh karena itu, gel lidah buaya dapat membuat gatal akibat kudis berkurang. Berita baiknya lagi, bahan ini tidak memiliki efek samping setelah pemakaiannya. Namun, pastikan anda mengonsumsi gel lidah buaya murni yang tidaj ada zat tambahan.

Bersumber dari alodokter.com, jika penderita skabies adalah anak-anak, maka dokter akan memberikan resep berupa losion, ivermectin, antibiotik, dan antihistamin. Penyakit ini dapat menyerang siapun tanpa mempedulikan kelas RAS, usia, jenis kelamin, dan situasi hidupnya. Jika anda maniak terhadap kebersihan pun juga tidak menutup kemungkinan untuk mengalaminya. Oleh karena itu, berhati-hatilah. 

 

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*