Dongeng Yang Cocok Untuk Si Kecil

Budaya menceritakan dongeng kepada anak memang sudah ada sejak dahulu, menceritakan dongeng kepada anak dipercaya memiliki manfaat yang sangat banyak khususnya untuk tumbuh kembang. Selain dapat mempererat ikatan antara anak dan orangtua, menceritakan dongeng kepada buah hati akan merangsang syaraf motorik pada tubuh si kecil yang akan meningkatan kecerdasan dan kemampuan lainnya. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan dongeng anak yang sesuai dengan usia.

Menceritakan sebuah kisah kepada anak kecil tidak boleh dilakukan secara sembarangan, pada masa tumbuh kembang anak akan menyerap segala jenis informasi yang disampaikan. Jika anda menceritakan kisah yang tidak sesuai dengan usianya, maka ditakutkan anak akan mengikuti setiap hal yang ada di dalam cerita karena anak belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Oleh karena itu sebagai orang tua sebaiknya anda mengetahui dongeng anak yang cocok untuk usia buah hati anda. Dongeng atau cerita yang sesuai dan cocok dengan usia anak akan memberikan dampak positif yang sangat banyak.

Lalu Dongeng Yang Seperti Apa Yang Cocok Untuk Anak-anak?

Untuk usia anak dibawah 5 tahun, anda bisa mengenalkan si kecil dengan cerita yang ringan seperti mengenalkannya dengan bentuk hewan atau tanaman. Jangan lupa buat suasana yang seru dan mengasyikkan agar si kecil selalu bersemangat ketika tiba saat untuk berdongeng. Anda bisa menggunakan beberapa alat seperti boneka atau gambar untuk mendukung dongeng yang anda ceritakan. Menginjak usia yang semakin bertambah, anda bisa mengenalkan beberapa nilai-nilai moral kepada anak. Misalnya saja menceritakan dongeng anak yang mengandung pesan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, membantu orang tua, mematuhi orang tua, menjadi anak yang berbakti dan tidak durhaka, selalu menjaga kelestarian alam sekitar, dan nilai-nilai moral lain yang bisa ditiru dan diterapkan. Sebagai orang tua jangan lupa untuk selalu memberikan contoh yang baik kepada si kecil ya, meskipun anda sudah menceritakan tentang hal-hal yang baik, jangan sampai perilaku yang anda berikan tidak sesuai dengan apa yang anda ajarkan.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*