Macam Pekerjaan Era Digital

Di era digital ini, semuanya sepenuhnya online, yang berarti kita bisa mendapatkan uang secara online. Ini karena sebuah situs web memiliki peran penting dalam mempertahankan bisnis online.

Tanpa website toko online, sangat sulit untuk menjalankan bisnis online untuk menghasilkan keuntungan miliaran rupiah. Tetapi menjalankan sebuah situs web tidak semudah yang kita pikirkan, kita perlu memiliki beberapa keterampilan, seperti pemrograman, HTML, SEO dan masih banyak lagi

Karena sekarang semuanya didasarkan secara online melalui aplikasi berbasis web, orang-orang dengan keterampilan seperti ini sekarang sangat diperlukan. Bahkan mereka yang memiliki beberapa keterampilan memiliki pendapatan cukup tinggi.

1. Web Developer

Ketika ingin membuat website, keterampilan pengembangan web diperlukan. Seorang pengembang web harus menguasai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi berbasis web.

Tugas seorang pengembang web, antara lain, untuk membuat database, menyiapkan server, mengatur domain dan membuat tampilan dasar situs web.

Karena pekerjaan web developer tidak mudah, tentu saja pendapatan mereka sangat besar jika ia bekerja untuk sebuah perusahaan. Jika dia sudah profesional bisa mencapai 10 juta dan di atasnya.

Tapi ada juga pengembang web yang bekerja freelance, jadi dia menawarkan jasanya kepada orang-orang atau perusahaan yang ingin membuat website. Beberapa yang ditawarkan oleh harga agak mahal ada juga biaya tergantung pada kemampuan masing-masing pengembang.

2. Web Designer

Setelah membuat website, tentu saja Anda ingin memiliki website yang menyenangkan mata dan ramah untuk digunakan. Itu adalah tugas dari seorang desainer web untuk membuat website template elegan dan bagus.

Desainer web harus tahu tentang CSS, HTML dan JavaScript untuk dapat merancang tampilan website. Oh ya, CSS, HTML dan JavaScript berbeda dari bahasa pemrograman walaupun sama sulitnya.

Biasanya seorang desainer web suka membuat website sendiri templatenya dan menjualnya dengan harga yang sewajarnya.

3. Spesialis SEO

Keberhasilan sebuah website tergantung pada posisinya di Google. Jika banyak kata kunci digunakan dan dimasukkan pada halaman pertama Google, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang ke situs Anda.

Tapi untuk memenangkan posisi pertama di halaman pencarian Google sangat ketat. Di sinilah tugas seorang spesialis SEO untuk membuat website tampil di halaman pertama Google.

Apa itu SEO? SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Seorang pakar SEO harus mampu membangun link building yang baik untuk meningkatkan peringkat website di mata Google.

Selain itu, tugas seorang spesialis SEO mampu menganalisis Menggunakan kata kunci dengan daya saing rendah ke tertinggi. Dan banyak sebuah tugas spesialis SEO langsung berhubungan dengan mesin pencari Google.

Di Indonesia, pedapatan spesialis SEO biasanya memiliki rata-rata 7 juta sampai 20 juta per bulan tergantung pada kemampuan. Tentu saja ini yang benar-benar ahli SEO,, karena yang sering ditemukan adalah yang mengaku-ngaku ahli saja, meraka ini biasanya tidak mempunyai website sendiri untuk ditunjukkan dan kebanyakan teori dan pintar edit photoshop saja.

4. Retargeting Ads

Karena sekarang benar-benar online, banyak yang berpikiran untuk membangun sebuah toko online untuk menjual produk secara online. Jadi bagaimana membawa calon pelanggan ke toko online Anda?

Harus bertanya-tanya juga, mungkin promosiin secara manual saja. Prosesnya sangat panjang dan mungkin bisa kehilangan daya saing toko online Anda.

Salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan online Anda adalah untuk melakukan iklan penargetan ulang atau lebih tepatnya beriklan. Ada dua saluran periklanan yang paling populer di internet saat ini, bahwa Facebook Ads dan Google Adwords. Tentunya Anda harus siapin budgetnya.

Pada dasarnya bermain Iklan Facebook dan Google Adwords mudah, tapi bagaimana sulitnya bagamana membuat iklan bertarget kepada calon pembeli potensial. Belum tentu orang memasang iklan pada Facebook atau Google, omset bisa meningkat secara dramatis. Jika tidak tahu ilmunya, malah bisa mendapatkan kerugian besar.

Ada ilmu untuk bermain Facebook dan Google ads tentunya lumayan rumit. Tapi jika Anda sudah menyadari dan memiliki anggaran untuk memasang iklan. Maka bisa memiliki keuntungan yang besar.

Tak heran jika perusahaan bersedia membayar mahal seseorang yang memiliki keterampilan Facebook Ads dan Google Adwords yang bisa diandalkan.

5. Web Master

Apa Web Master? Gampangnya, itu adalah kombinasi dari pengembang web master web, web designer dan spesialis SEO. Sebuah web master memiliki kemampuan bahasa pemrograman, mampu merancang tampilan website dan juga ahli di bidang SEO.

Satu orang di memiliki tiga ilmu pengetahuan dan, tidak bisa membayangkan bagaimana pendapatannya? Master web akan bisa mendapat sampai Rp 20 juta hingga Rp 50 juta per bulan.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*