7 Hal Mengasyikan Sekaligus Bermanfaat untuk Mengisi Liburan di Kampung Inggris

Kampung InggrisNggak kerasa liburan semester sudah dekat. Bahkan tinggal menghitung minggu lagi, kamu bakalan ketemu sama yang namanya liburan semester.

Sudah kepikiran belum kira-kira liburan nanti bakal ngapain?

Kalau belum nggak ada salahnya kamu masukin Kampung Inggris jadi opsi liburan kamu loh guys. Di sini nanti kamu nggak hanya bisa belajar bahasa inggris saja, tapi kamu juga bisa menemukan beberapa hal yang menyenangkan.

Penasaran nggak sih kegiatan apa saja yang bisa kamu temui di kampung inggris? Nah, daripada menebak-nebak, mending simak 6 hal mengasyikkan yang bisa kamu temui di kampung inggris di bawah ini!

1. Traveling Sembari Belajar

kampung inggris LC

Hobi traveling nggak bakalan terhambat kok kalau kamu datang ke kampung inggris. Di sini kamu nggak hanya bisa les bahasa inggris saja, kamu juga bisa traveling ke beberapa tempat di Pare.

Senin sampai jumat biasanya digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar. Jadi kalau Sabtu dan Minggu kamu bebas memanfaatkan untuk jalan-jalan ke beberapa tempat di Kampung Inggris.

Kalau sudah bosen dan ingin ke luar kota, kamu boleh banget mengunungi wisata Gunung Bromo, Kota Batu dan Kota Malang. Masalah aksesnya,  sudah tersedia fasilitas lengkap untuk menuju kesana, seperti rental mobil hingga sepeda motor yang juga cukup ramah untuk kantong pelajar.

Tenang saja, liburan kamu nggak bakalan ngebosenin kok!

2. Wisata Kulineran di Kampung Inggris

kuliner kampung inggris

Mau wisata kulineran? Bisa banget kok.

Makanan enak bisa dengan mudah kamu temukan di Kampung Inggris. Mulai dari makanan yang ‘kantong mahasiswa sekali’ hingga makanan yang sedikit high class. Apalagi bagi kamu yang jauh dari orang tua, kamu pasti butuh banget suplay makanan yang enak dan bergizi, kan?

Untuk makanan murah, kamu sudah bisa mendapatkan paket nasi, sayuran dan potongan ayam yang komplit beserta minum es teh. Urusan snack di Kampung Inggris sendiri terbilang lengkap, seperti seblak, pentol, batagor, sempol, lekker dan minuman-minuman kekinian juga banyak berkeliaran d sekitar sana.

Harganya gimana nih?

Karena di kampung ini banyak pelajar dan mahasiswa, tentu harga yang dipatok juga nggak terlalu mahal dan sesuai kantong.

Di Kampung Inggris juga banyak kafe-kafe kekinian lo. Kafe-kafe ini sering digunakan pelajar untuk sekadar chill dengan teman-teman. Menghafal vocabulary, mencari akses internet gratis, hingga sekadar mencari materi untuk sosial media mereka.

Gimana, tertarik menghabiskan waktu di Kampung Inggris?

3. Bertemu dan Kenalan dengan Beragam Orang di Kampung Inggris

bertemu dengan banyak orang

Hal yang paling termenyenangkan dan mengasyikan di Kampung Inggris adalah bertemu dan kenalan dengan orang-orang baru yang ada di sana. Entah dengan sesama pelajar yang belajar bahasa inggris atau dengan penduduk asli di sana.

Pelajar yang ada di kampung ini nggak melulu dari daerah yang ada di Jawa Timur saja, tetapi banyak pelajar yang juga berasal dari daerah luar jawa seperti Makassar, Ambon, Papua, Aceh, Jambi dan bahkan dari luar Indonesia, seperti Thailand dan Malaysia.

Bertemu banyak orang membuat kamu belajar logat, bahasa dan juga budaya yang mereka bawa ke perantauan. Jadi kebayang nggak betapa menyenangkan dan lucunya ketika saling berbicara dengan mereka?

Selain itu kalau kamu berniat mengunjungi kota di daerah lain, kamu sudah punya teman di kota tersebut yang bisa jadi tour guidemu, guys!

4. Membiasakan Hidup Mandiri dengan Ngekos di Kampung Inggris

kamar kos

Bagi kamu yang datang ke kampung inggris dan nge-kos di sana, kamu bisa belajar hidup mandiri. Buat kamu yang baru kali pertama nge-kos pasti awalnya akan teraa berat karena akan merasa sering kangen rumah, tapi percaya deh lama-lama bakalan terbiasa dan enjoy.

Dengan nge-kos sendiri, kamu bisa mulai bertanggung jawab dengan dirimu sendiri. Mulai dair bertanggung jawab masalah spiritual dan masalah yang bersifat sehari-hari, seperti makan, cuci baju, setrika, hingga mengatur keuangan sendiri.

Kamu juga bisa belajar kontrol diri ketika ngekos sendirian di kampung inggris. Misalnya nih, di kos kamu bebas jam malam dan sama sekali tidak ada pemantauan. Jangan sampai hal-hal seperti itu kamu manfaatkan untuk berbuat yang tidak terpuji. Belajar untuk kontrol diri meski nggak ada yang ngawasin ya guys!

5. Terbiasa Berbicara Bahasa Inggris

conversation

Hal utama yang pasti kamu dapatkan di Kampung Inggris adalah lembaga kursus bahasa inggris. Lebih dari 200 lembaga kursus berdiri dan beroperasi dengan baik di sini. Tinggal kamu pilih, di mana kamu akan kursus.

Beberapa lembaga kursus juga menyediakan camp atau asrama untuk mensupport kegiatan belajar mengajar bahasa inggris di sana. Pasalnya ada beberapa paket bimbngan kursus bahasa inggris yang proses belajar mengajarnya dilakukan saat dini hari, sehingga untuk menyingkapi kegiatan seperti itu, lembaga kursus juga menyediakan asrama untuk menginap.

Hampir semua metode pembelajaran di kampung unik ini membiasakan conversation menggunakan bahasan inggris setiap harinya. Awalnya memang akan terasa seperti paksaan, tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa untuk berbicara bahasa inggris dan nggak bakalan minder lagi kalau ngomong sama native speaker, guys!

Selain conversation, biasanya lembaga kursus bahasa inggris di sana juga memadukan game sebagai metode pembelajaran mereka.

Katanya sih supaya nggak bosen dicekoki sama tenses, vocabulary, dan grammar tiap harinya. Hehe.

6. Keliling Kota Pare dengan Sepeda

bersepeda

Kalau ditanya, “apa sih transportasi yang paling utama di kampung inggris?” jawabannya adalah sepeda.

Kamu bisa menyewa sepeda di rental sepeda yang ada di sana dan kemudian bersepeda mengitari kampung inggris di Pare. Karena lokasinya cukup jauh dari kota besar, kamu masih bisa menikmati sejuknya udara yang ditimbulkan oleh sawah dan ladang yang ada di sana. Eits, tapi meskipun jauh dari kota, kampung ini memiliki fasilitas yang lengkap lo!

Saat weekend kamu bisa memulai kegiatan berkeliling kota Pare dengan menggunakan sepeda. Harga yang ditawarkan untuk rental sepeda beragam, biasanya sih disesuaikan dengan kualitas dari sepeda. Sepeda dengan model terbaru dan kondisi prima biasanya memiliki harga sewa yang lebih tinggi. Tapi tenang saja guys, tetap terjangkau kok!

7. Mengunjungi Perpustakaan Mastrip di Pare

perpustakaan

Sebenarnya kegiatan ini nggak masuk di kampung unik ini, tapi nggak ada salahnya kan berkunjung ke perpustakaan.

Di Perpustakaan Pare kamu dapat menemukan beraga buku dan novel. Meskipun termasuk koleksi lama, tetapi lumayan untuk mengisi kegiatan waktu senggangmu. Di sana juga disediakan akses hotspot gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Jadi gimana? Udah siap untuk liburan ? Segera atur jadwal liburanmu dan sempatkan mengunjungi Kampung Inggris ya guys!

kampung-inggris-pare

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*